LEBAK, (vivabanten.com) – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Banten ke-18 tahun, Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak bekerjasama dengan Badan Penghubung Provinsi Banten, menyelenggarakan promosi destinasi wisata.

Adapun produk-produk yang dipamerkan berupa produk unggulan dan tampilan kesenian daerah, dengan tema Baduy Mendunia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Cipayung, Jakarta Timur.

Kegiatan tersebut menjadi satu diantara destinasi wisata yang menjadi miniatur dari keberagaman Indonesia. Salah satu anjungannya, yaitu Anjungan Banten, dilaksanakan selama dua hari, pada hari Sabtu tanggal 10 November sampai Minggu, 11 November 2018.

Sedangkan anjungan DKI Jakarta TMII, kembali menyelenggarakan acara Budaya Betawi dan kali ini, akan mengambil Lenong sebagai tema pertunjukannya.

“Dalam acara paket khusus Budaya Baduy tersebut, akan hadir pertunjukan kesenian, diantaranya Kromong Baduy, Angklung Buhun, Pohplod dan Calempung yang merupakan seni tradisional khas Suku Baduy. Ini akan ditampilkan melalui parade kolosal oleh 40 orang komunitas kesenian Baduy yang terdiri dari 4 kelompok, pertunjukan yang dikemas dalam tajuk “Baduy Mendunia,” ujar Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin.

Menurut Imam, selain pagelaran kesenian, Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak juga menyajikan prodak unggulan, baik kuliner yang dihadirkan juga berbagai jenis kriya.

”Diantaranya kerajinan tangan, batik Lebak, Tenun Baduy yang dibalut dengan design stand berbentuk Saung Baduy, yang memperlihatkan kesederhanaan berpadu dengan keindahan,” ucap Imam.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Kabupaten Lebak, Ir. H. Dede Jaelani yang hadir sebagai undangan dalam acara tersebut, mengungkapkan, bahwa acara seperti ini harus sering dilaksanakan karena sinergitas antara kabupaten/kota dengan provinsi, akan terjalin hubungan yang saling menguntungkan terutama dalam konteks promosi wisata.

“Digelarnya acara ini juga merupakan satu cara mewujudkan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, dengan menampilkan pagelaran seni dan budaya dilokasi kawasan unggulan,” ujar Dede.

Dalam acara opening ceremony juga, hadir Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy berkenan membuka acara dan menyampaikan amanat Bagi masyarakat Baduy khususnya.

”Kepada warga masyarakat Baduy yang ada di Lebak, agar dapat menciptakan dan menjaga kelestarian seni dan Budaya Baduy, agar mampu dikenali sebagai warisan luhur kepada anak cucu kita,” pungkasnya. (ADV)